Saturday, May 21, 2011

Batik Indonesia dan Budaya Batik Indonesia

Batik Indonesia dan Budaya Batik Indonesia - Batik sebagai aset budaya Indonesia yang kini sudah diakui hasil kebudayaan Indonesia semakin di gemari. Apa sebetulnya Bati itu? Batik merupakan salah satu cara atau teknik dalam pembuatan bahan pakaian.Dan kini Batik telah menjadi bagian dari fashion yang di perhitungkan baik itu untuk Fashion Pria atau Fashion Wanita.

Dalam teknik pengerjaan pembuatan Batik ini mengacu pada dua hal. Teknik yang pertama merupakan teknik pewarnaan kain dengan bahan pewarnaan menggunakan malam hal ini untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain.

Dalam dunia teknik literatur secara internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Sedangkan pengertian yang kedua adalah mengenai bahan kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, hal ini meliputi pemakaian motif-motif tertentu dimana setiap motif memiliki keunikan dan kekhasan.

Bagaimana dengan kedudukan Batik Indonesia di mata dunia internasional? Ternyata Batik Indonesia dengan memperhatikan keseluruhan teknik, teknologi, serta cara pengembangan motif dengan memasukkan unsur budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Dan kini sering sekali di dunia mode sering mengadakan peragaan Fashion Terbaru  untuk batik

Di Indonesia terdapat beragam nama motif batik yang di kategorikan berdasarkan dimana daerah asal batik tersebut di buat di antaranya adalah Batik Bali, Batik Banyumas, Batik Madura, Batik Malang, Batik Pekalongan, Batik Solo, Batik Tasik, Batik Aceh, Batik Cirebon. 

No comments:

Post a Comment