Tuesday, April 26, 2011

Artikel Ilmu Pendidikan Islam

Artikel Ilmu Pendidikan Islam - Setiap manusia wajib menuntut ilmu. Begitulah agama islam menilai akan pentingnya ilmu. Pendidikan dalam pandangan islam merupakan faktor yang sangat penting dan dapat menentukan kehidupan manusia selanjutnya. Melalui pendidikan setiap manusia bisa meningkatkan kualitas hidupnya.

Sebelum membaca artikel ilmu pendidikan islam dari kumpulan artikel blog berita terbaru Indonesia mungkin Anda ingin baca daftar catatan topik tentang  Islam  seperti  Pengertian Arti Sholat Berjamaah atau  Perintah Berbakti Berbuat Baik Terhadap Orang Tua Ibu Dan Bapak .  Mari kita lanjut tentang  pengertian pendidikan yang secara umum yang dihubungkan dengan agama Islam

Pengertian pendidikan dalam konteks Islam memiliki beberapa istilah misalnya tarbiyah, ta’lim, serta ta’dib” yang harus dipahami secara bersama-sama. Ketiga istilah tersebut memiliki arti dan makna yang mendalam yang menyangkut manusia,  masyarakat  dan juga lingkungan yang dalam hubungannya dengan Tuhan saling berkaitan satu sama lain.  Dan dari nama-nama istilah-istilah tersebut sekaligus menjelaskan tentang ruang lingkup pendidikan Islam diantaranya informal, formal dan non formal.

Tujuan pendidikan menurut agama Islam tidak terlepas dari tujuan hidup manusia dalam Islam, yaitu untuk menciptakan pribadi-pribadi hamba Allah yang selalu bertakwa kepadaNya, dan dapat mencapai kehidupan yang berbahagia di dunia dan akhirat (lihat S. Al-Dzariat:56; S. ali Imran: 102).


No comments:

Post a Comment